Friday , March 1 2024
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Natural Intelligence / Sesekali, Keluarlah Dari Ruang Kerja Anda

Sesekali, Keluarlah Dari Ruang Kerja Anda

Diantara karakter menonjol para pemimpin yang bagus adalah; mereka suka berdialog dengan anak buahnya. Lewat dialog itu, dia memahami bagaimana keadaan anak buahnya. Lebih paham apa yang menjadi hambatan dalam penyelesaian penugasannya, dan dia juga lebih mengerti; apa yang menjadi aspirasi mereka. Maka tak heran, bila mentalitas dan kinerja team pimpinan yang suka berdialog dengan anak buahnya menjadi sangat luar biasa.

Persoalannya adalah; kapan saat yang tepat untuk berdialog dengan bawahan? Ketika bawahan datang ke ruang kerja atasan, betul ya? Tidak mungkin. Mana ada anak buah bisa leluasa memasuki ruangan atasannya kan? Jadi kapan? Ketika ada jadwal meeting, betul? Tidak juga. Dalam meeting kan kita punya agenda lain untuk di bicarakan. Jadi kapan?

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812-1989-9737

Saya, pernah punya leader yang rajin sekali keluar dari ruang kerjanya. Kemudian dia mendatangi meja kerja anak buahnya. Meja saya, dan meja teman-teman saya. Seringnya beliau menghabiskan waktu sekitar 5 hingga 10 menitan. Jarang lebih dari itu. Tapi, kunjungannya yang singkat itu; menumbuhkan berjuta makna. Kita senang kalau atasan mau meluangkan waktu berdialog. Dan kita juga jadi senang mendukung tugas-tugasnya.

Dari beliau saya memahami bahwa saat terbaik untuk berdialog dengan anak buah kita adalah; ketika sebagai atasan, kita bersedia keluar dari ruang kerja kita. Kemudian mengunjungi mereka. Lalu duduk dan berbincang dengan mereka. Tidak perlu lama. Yang penting, dari dialog itu; kita menunjukkan bahwa sebagai atasan, kita ada bersama mereka. Memahami tantangan-tantangan yang mereka hadapi. Dan kita turut berjuang untuk kebaikan karir mereka juga.

Dan saya juga ingat bahwa, itu adalah masa-masa penuh keemasan bagi pencapaian yang kami raih. Baik pencapaian dalam konteks organisasi. Maupun dalam pencapaian pribadi. Darimana semua itu berawal? Dari, ketika pimpinan bersedia keluar dari ruang kerjanya; lalu berdialog dengan anak buahnya. Sudahkah Anda menjadi pemimpin yang seperti itu?

N.B.: In-House Training “Fundamental Leadership In Practice” kami dirancang untuk membantu para supervisor dan manager dalam meningkatkan kualitas kepemimpinannya. Hubungi kami di 0812-1989-9737.

Salam hormat,
Mari Berbagi Semangat!
DEKA – Dadang Kadarusman
Author, Trainer, and Professional Public Speaker

Catatan kaki:
Atasan yang senang berdialog dengan anak buahnya itu seperti selimut yang menghangatkan saat kedinginan, dan seperti air yang menyejukkan kala kepanasan.

Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812-1989-9737

Gambar:

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.