Monday , March 4 2024
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / CEO Forum / Kapan Saat Terbaik Untuk Melakukan Transformasi Perusahaan?

Kapan Saat Terbaik Untuk Melakukan Transformasi Perusahaan?

Leaders, ada dua jenis klien yang saya tangani. Pertama, perusahaan yang sedang menghadapi masalah bisnis yang serius. Ditandai dengan kinerja keuangan yang kurang sehat. Pertumbuhannya negatif, dan karyawannya sudah lama tidak mendapatkan bonus yang berarti.

Jenis klien kedua adalah, perusahaan yang berkinerja tinggi. Pertumbuhannya positif, karyawannya hepi; take home pay mereka selalu ditambah bonus yang membuat keluarganya senang. Sehingga setiap hari, mereka juga semangat ketika berangkat ke tempat kerja.

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Dari pengamatan saya, perusahaan yang paling berkeinginan untuk melakukan transformasi pada umumnya adalah; perusahaan yang sedang menghadapi masa-masa sulit itu. Saat kinerja keuangan sedang tertekan, mereka tiba-tiba menyadari pentingnya transformasi organisasi. Padahal ketika kondisi perusahaan sedang sehat, mereka sangat enggan untuk melakukan perubahan.

Di sisi lain, saya menemukan pula bahwa; perusahaan yang paling mulus dalam melakukan transformasi, justru adalah perusahaan yang sedang berkinerja tinggi. Sedangkan kalau perusahaan bermasalah yang melakukan transformasi; seringnya terseok-seok. Dan suasananya kurang menyenangkan.

Dari fakta-fakta itu, kita bisa mengidentifikasi kapan saat terbaik bagi perusahaan untuk melakukan transformasi. Ada 2 opsi waktu terbaiknya.

Opsi pertama, perubahan dilakukan ketika kinerja perusahaan sedang bagus-bagusnya. Inilah saat terbaik untuk melakukan persiapan menuju transformasi organisasi. Jika saat ini perusahaan Anda sedang berkinerja tinggi; maka sekaranglah saat yang tepat untuk memulai langkah-langkah transformasi itu.

Tapi, jika perusahaan Anda tidak sedang berada dalam kondisi terbaiknya, maka Anda boleh memilih opsi kedua. Yaitu, perubahan dilakukan “sekarang”. Apapun kondisi perusahaan Anda; sekaranglah saatnya memulai perubahan itu. Jangan menunggu situasinya semakin memburuk dulu. Karena, kalau kondisinya sudah semakin memburuk; proses perubahan itu jadi semakin sulit untuk dilakukan oleh perusahaan. Dan efeknya semakin menyakitkan bagi karyawan.

Anda mau pilih opsi yang mana?

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Apapun pilihan Anda, para leader diperusahaan Anda penting untuk paham soal ini. Karena dari para leader itulah ide perubahan dihasilkan. Dan para leader itu pulalah yang akan menjadi penyokong utama terjadinya transformasi. Kalau Anda butuh bantuan, kabari saya. Mari kita ajak mereka memainkan Simulasi D-BEST (simulasi bisnis di era disrupsi), agar mereka memiliki kesadaran yang lebih tinggi; tentang pentingnya perubahan dalam perusahaan.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Deka Dadang Kadarusman
Author, Trainer & Public Speaker.

Artikel sebelumnya:

Menyampaikan Gagasan Secara Elegan

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.