Friday , March 1 2024
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / CEO Forum / Transformasi Itu Tidak Selalu Menyakitkan

Transformasi Itu Tidak Selalu Menyakitkan

Masih banyak orang yang menganggap bahwa frase ‘Transformasi Perusahaan’ itu berkonotasi suram. Dikiranya, kalau melakukan transformasi maka itu pertanda perusahaan sedang berada pada kondisi keuangan yang tidak sehat. Akan ada rotasi pekerjaan, bahkan mungkin terjadi phk besar-besaran. Tapi benarkah transformasi perusahaan selalu menyakitkan? Tidak benar. Faktanya, ada juga perusahaan yang ketika melakukan transformasi; karyawannya justru senang. Karena pada dasarnya, transformasi itu membuka banyak kesempatan dan peluang.

Transformasi seperti itulah yang mestinya dilakukan oleh perusahaan. Yaitu, transformasi yang prosesnya seru, dan dampaknya menyenangkan. Dan sesungguhnya, seperti itulah pula konsep transformasi yang sebenarnya. Yaitu, perusahaan melakukan perubahan ketika pencapaian perusahaan sedang tinggi-tingginya, dan hati karyawan sedang senang-senangnya. Tingkat keberhasilan proses transformasi pada kondisi ini, paling tinggi.

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kenapa transformasi sering dikonotasikan buruk? Karena memang kita sering keliru memilih momentum untuk melakukan perubahan. Bila perubahan dilakukan ketika perusahaan sedang terpuruk, ya sudah pasti suasananya nggak mengenakan. Cash flow perusahaan sedang goyang, dan hati para karyawan sedang pada galau. Selain rawan perasaan sakit, melakukan proses transformasi organisasi pada momen-momen seperti itu beresiko mengalami kegagalan. Minimal, bakal berasa berat menjalaninya.

Jadi suatu proses transformasi menyakitkan atau tidak, bergantung kondisi perusahaan Anda. Jika dilakukan ketika perusahaan sedang sehat, maka proses transformasi itu jadi seru. Perusahaan punya sumberdaya yang kuat untuk membiayainya. Dan karyawan juga spritinya sedang bagus untuk mendukungnya. Maka ketika diimplementasikan, transformasi jadi berasa enak. Semua orang senang ikut terlibat didalamnya. Kemungkinan berhasilnya, tinggi sekali. Sudah happy, berhasil pula. Top banget.

Bagaimana kalau perusahaan sedang sakit? Harus jujur saya katakan bahwa dalam kondisi perusahaan sedang sakit; transformasi memang bisa terasa menyakitkan. Tapi ketahuilah bahwa kalau ditunda terus, maka kondisi perusahaan akan semakin memburuk. Apalagi bila menolak untuk bertransformasi. Perusahaan akan menjadi seperti kapal titanic menjelang karam. Makanya, sikap terbaik kita adalah; segera mentransformasi organisasi ini. Mungkin agak perih memang. Mungkin ya. Tapi akan lebih parah lagi rasa perihnya kalau tidak dilakukan.

Bila Anda karyawan, pilihan terbaiknya ya menjadi bagian dari proses transformasi itu. Jadilah karyawan yang berpatisipasi aktif dalam proses perbaikan kondisi perusahaan. Toh itu tempat Anda mencari nafkah kan? Bagusin. Insya Allah, Anda akan kebagian menikmati hasilnya.

Bila Anda pimpinan perusahaan, pilihan terbaiknya ya segera memulai proses transformasi itu. Pasti tidak mudah. Tapi ketika proses transformasi itu berhasil dilakukan, maka segala kepedihan yang dirasakan selama proses transformasi berlangsung; langsung digantikan oleh kegembiraan. Karena transformasi itu bisa membuat perusahaan seolah terlahir kembali, dalam format yang lebih baik; dan dengan kemampuan yang jauh lebih mumpuni.

Kadang, proses itu membutuhkan bantuan dari luar organisasi. Bila memang dibutuhkan, kenapa mesti dihindari? Temukan sumber-sumber bantuan yang bisa memudahkan pelaksanaan transformasi organisasi Anda. Bila Anda melihat ada aspek pelatihan atau workshop pembekalan yang membutuhkan bantuan saya, kabari saja. Insya Allah, semuanya akan baik-baik saja.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Deka Dadang Kadarusman
Author, Trainer & Public Speaker.

Artikel sebelumnya:

Kapan Saat Terbaik Untuk Melakukan Transformasi Perusahaan?

Disclaimer:
Saya tidak selalu mampu merespon balik komentar atau sanggahan atas tulisan ini. Karena berbagai keterbatasan yang ada pada saya. Terimakasih atas pengertiannya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Gambar dari:

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.