Friday , March 1 2024
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Hal Yang Ganjil Tentang Lailatul Qadar

Hal Yang Ganjil Tentang Lailatul Qadar

Ini, hari ke 25 Ramadhan. Saya lihat lelaki dalam jendela kaca itu tidak membawa perlengkapan seperti biasanya. Mana sarana i’tikafmu? Saya tanya dia.

“Aku tidak i’tikaf malam ini,” jawabnya. “Ini malam genap,” tambahnya. Ada apa rupanya dengan malam genap? Apa engkau kurang bersemangat buat i’tikaf dimalam genap? Dia menatap; “Lailatul qadar lebih suka datang di malam ganjil,” jelasnya. “Aku istirahat dulu malam ini. Malam ganjil besok, i’tikaf lagi…”

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Tidakkah engkau merasa ganjil? Tanya saya lagi. “Ganjil bagaimana?” Katanya. Ya ganjil, karena engkau hanya semangat mencari lailatul qadar di malam-malam ganjil. Bagaimana seandainya dia datang di malam genap? “Ah, kamu itu terlalu rumit,” sergahnya. “Carilah lailatul qadar di malam ganjil. Kalau dia datang dimalam genap ya berserah diri pada takdir Allah saja, mungkin belum jodohnya bertemu tahun ini”.

Bila begitu pikirmu, kenapa engkau tidak seperti aku saja? “Maksudmu?” Dia mengernyitkan dahi. Ya, kita tunggu saja lailatul qadar disini. Setiap malam. Bukan dicari dihari-hari ganjil. Pasti dia datang kesini disalah satu malam penuh kemuliaan. Kita tunggu saja dia, baik dimalam ganjil. Atau pun dimalam genap. “Aku tidak cocok dengan caramu menunggu itu.” Sergahnya. “Terlalu beresiko tidak mendapatkannya,” balasnya.

O-o. Bagaimana engkau berkesimpulan orang yang setiap hari menanti-nantikan kedatangan lailatul qadar memiliki lebih sedikit peluang daripada engkau yang mencarinya di hari-hari ganjil saja? “Hmmmh…,” suara itu agak berbau emosi. “Sudahlah. Sejak jaman dulu pun cara mendapatkan lailatul qadar itu ya seperti itu!” Lanjutnya.

Bagaimana seandainya cara yang selama ini kita terapkan untuk mengejar lailatul qadar itu keliru? Tidakkah engkau khawatir melewatkannya? “Kamu itu terlalu banyak berteori. Tapi kurang aksi.” Sergahnya. “Aku ini tak suka hanya beretorika dan berwacana, aku ikhtiar sekuat tenaga.” Katanya.

‘Sekuat tenaga’, katamu? Saya menatap matanya. Benarkah engkau sudah berusaha mencari lailatul qadar dengan sekuat tenaga? “Hmmm-h, bisa dibilang begitu,” jawabnya. Tampak jelas keraguannya. Bila benar engkau mencarinya sekuat tenaga, tentu engkau hanya akan berhenti saat sudah tidak ada lagi tenaga yang tersisa. “Bukan begitu maksudku.” Dia mengelak. Tapi tak ada penjelasan lebih lanjut dari jawabannya.

Saudaraku. Lihat badanmu. Masih segar bugar begitu. Tenagamu masih kuat untuk melanjutkan pencarian lailatul qadar itu. Pergilah. Jangan biarkan i’tikafmu di malam-malam ganjil itu berbuah nihil karena engkau melewatkannya di malam-malam genap. Pergilah lagi i’tikaf. Sebab, tidak ada yang tahu bila tahun ini; Allah berkehendak menurunkan lailatul qadar pada malam-malam genap. Pergilah lagi i’tikaf. Sekalipun ini, adalah malam genap.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Deka Dadang Kadarusman
Author, Trainer & Public Speaker.
Training, Business Simulation, & Corporate Strategic Workshop.
Linkedin: Dadang Kadarusman

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-1989-9737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Artikel sebelumnya:

Perjalanan Menuju Lailatul Qadar

#leadership, #leadershipdevelopment,

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.