Friday , March 1 2024
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Bisnis and Finance / Negara Yang Menjadi Next Adidaya (Season Finale)

Negara Yang Menjadi Next Adidaya (Season Finale)

Kawan-kawan saya yang punya deposit dollar dan kolektor saham-saham blue chip US tidak begitu senang dengan kemungkinan pudarnya pamor dollar. Sesungguhnya, kita hanya melihat fenomena yang ada lalu, mencermati kemana semua ini mengarah. Tidak perlu terlalu serius menyimak paparan saya. Ini mah iseng saja. Ditulisnya juga sambil ngabuburit mumpung selama Ramadhan waktu saya agak longgar. Seiring finalnya bulan Ramadhan, inilah season finale dari serialnya.

Great reset tidak mungkin terjadi tanpa melewati peristiwa besar seperti World War III. Dari situ lahir negara yang menjadi next adidaya dan mengendalikan system keuangan dunia baru secara digital. Karena dalam perang kali ini everybody loose, maka kita perlu melihat negara dari region mana yang paling berpotensi tampil ke depan.

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Amerika, Eropa, Australia, China, Rusia, India dan semua negara yang terlibat WW-III akan menjadi strugling countries. Butuh waktu lama untuk pulih dari kerusakan yang ditimbulkan oleh perang yang saat ini hot buttonnya ada di Taiwan dan Mexico itu.

Afrika. Sulit mengejar ketertinggalan dibidang ekonomi, politik, dan teknologi dalam 10 tahun mendatang.

Di timur tengah, Saudi Arabia bisa menjadi kuda hitam kandidat next adidaya bila mampu melepaskan diri dari bayang-bayang US. Mestinya bisa karena secara ekonomi mereka sudah sangat kuat, dan secara politik sudah membuka akses ke sumber kekuatan militer lain.

Di Asia, negara paling potensialnya adalah… Indonesia. Perpaduan masa depan dan masa lalu Indonesia ini unik. Para ekonom meyakini bahwa Indonesia akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di masa depan. Sedangkan di masa lalu, Indonesia sangat disegani lewat kemampuannya menggerakkan negara-negara Asia-Afrika dan diplomasi cantik selama cold-war Amerika – Uni Soviet. Indonesia, pernah sangat berwibawa dan disegani negara lain.

Mundur ke belakang lagi, sejarah kejayaan nusantara kuno terekam dalam artifak Sundaland yang diyakini merupakan pusat penyebaran peradaban tinggi ke berbagai penjuru dunia.

Mari mundur lebih jauh lagi. Plato berbicara tentang pusat peradaban modern kuno bernama Atlantis. Walaupun banyak versi teorinya, tapi riset Profesor Arysio Santos menyimpulkan bahwa benua Atlantis yang dimaksud Plato terletak di Indonesia. Artinya, dimasa lalu; Indonesia pernah menjadi pusat peradaban dunia.

Untuk menjadi next adidaya, ada 1 syarat mutlak yang mesti dipenuhi Indonesia, yakni: TETAP MENJADI NEGARA NON BLOK sesuai amanah founding fathers. Jangan mau terseret konflik blok US & blok China. Stay neutral.

Selain 1 syarat itu, ada 4 pra-syarat yang mesti dipenuhi juga yaitu: satu, next Presiden Indonesia haruslah orang yang berwawasan global dan mampu mengambil peran dalam pentas diplomasi internasional. Presiden jangan hanya sekedar simbol, tapi mesti menjadi arsitek kenegaraan yang berdaulat dan berwibawa dimata dunia.

Dua, kabinet Indonesia haruslah diisi orang-orang kapabel, bukan berdasarkan balas jasa pemenangan pemilu. Untuk negara sebesar ini, butuh pemikir strategis; bukan sekedar pengumpul jumlah suara.

Tiga, pembangunan kekuatan pertahanan nasional dalam 10 tahun kedepan harus lebih diprioritaskan daripada pembangunan IKN. Negara ini dikepung oleh berbagai kekuatan luar yang mengancam kedaulatan, baik secara individu maupun beragam pakta pertahanan dan kerjasama keamanan regional.

Empat, rakyat Indonesia mesti mengakhiri konflik horisontal kesukuan dan menghentikan isu radikal-radikul. Hendaknya fokus membangun kembali wibawa negara dimata dunia internasional. Kita, punya sejarah panjang mengungguli negara lain. Dan berpotensi menjadi next adidaya.


Di persimpangan Asia dan Middle-East ada negara unik lain. Namanya Israel. Unggul dalam kepemilikan persenjataan mutakhir termasuk hulu ledak nuklir, penguasaan teknologi digital dan cyber security, keahlian dalam kendali system moneter, maupun aspek strategis lainnya. Bila WW-III terjadi, Israel tidak akan mau terlibat langsung dalam pertempuran. Dia akan tetap berada di balik layar, sambil menunggu saat yang tepat untuk muncul ke permukaan. Smart moves.

Negara mana yang akhirnya menjadi next adidaya? Harap bersabar hingga saatnya tiba.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Deka Dadang Kadarusman
Author, Trainer & Public Speaker.
Training, Business Simulation, & Corporate Strategic Workshop.
Linkedin: Dadang Kadarusman

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-1989-9737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Artikel sebelumnya:

Kandidat Terkuat Pengganti Dollar

#leadership, #leadershipdevelopment, #hr

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.