Friday , March 1 2024
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Kesempatan Dan Hambatan

Kesempatan Dan Hambatan

Apakah kita punya kesempatan yang sama dengan orang lain? Bergantung konteksnya. Bila kita berada dalam satu sistem atau lingkungan yang sama, maka kesempatan kita sama dengan orang lain. Misalnya, kalau sama-sama bekerja di perusahaan tertentu maka kita punya kesempatan yang sama dengan para kolega. Tapi dengan orang yang berada diluar perusahaan, kesempatan kita pasti beda.

Beberapa hari lalu saya mendampingi Prof di kelas pegawai-pegawai baru suatu lembaga dibawah sebuah kementerian. Mereka direkrut dari berbagai daerah yang beragam sehingga latar belakang mereka berbeda-beda. Selama kelas berlangsung saya memperhatikan bahwa gaya, cara bicara, rasa percaya diri antara orang-orang dari daerah pada umumnya berbeda dengan yang datang dari kota atau povinsi yang lebih maju. Jangan tersinggung kalau saya bilang begitu. Ini kan hasil pengamatan saya yang sudah cukup sering berada di berbagai macam kelas seperti itu.

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Tapi coba perhatikan. Di dunia nyata, kita sering melihat putera-puteri daerah yang karirnya cemerlang. Padahal, dulu waktu awal direkrut mungkin gaya mereka sama seperti anak-anak muda rekrutan baru yang saya ceritakan itu. Kok bisa ya? Itu bukti bahwa ketika masuk ke suatu perusahaan, kesempatan kita sama dengan orang lain. Yang menentukan seberapa tinggi karir itu dibangun, bukan lagi latar belakang kita; melainkan bagaimana sehari-hari kita menjani karir itu.

Ada yang menyanggah saya? Ada. Katanya, kenyataan di dunia kerja tidak hitam putih kayak gitu Dang! Bukan rahasia lagi kalau di banyak perusahaan masih ada diskriminasi. Jegal menjegal, dan beda perlakuan. Omong kosong kalau dibilang kita punya kesempatan yang sama.

Kita, perlu membebaskan diri dari cara pandang seperti itu. Karena dengan berpikir begitu, kita kehilangan kesempatan itu. Ketahuilah bahwa kesempatan kita tetap sama. Adapun – seandainya – terjadi diskiminasi, ada unsur like and dislike, atau jegal-menjegal seperti yang dibilang penyangkal saya tadi; itu namanya hambatan.

Ketahuilah bahwa kesempatan beda dengan hambatan. Mungkin orang lain hambatannya kecil. Kita hambatannya besar. Tapi itu tidak membuat kesempatan jadi berkurang. Kesempatannya sama. Sedangkan hambatan-hambatan itu ada untuk mengasah keterampilan dan kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah.

Sungguh beruntung orang yang terbiasa mencari solusi dari masalah yang menghambatnya. Karena, bila kelak ada hambatan lagi; sudah bukan persoalan berarti. Memang mungkin enak kalau hidup ini lempeng-lempeng saja. Tapi selain agak boring, hidup yang serba gampang sangat sedikit mendorong kita untuk bertumbuh kembang. So, tetaplah kalem saat sedang menghadapi hambatan. Dia ada bukan untuk menghilangkan kesempatan. Melainkan untuk kembali melatih diri sendiri, sehingga kemampuan survival kita; semakin tajam.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Deka Dadang Kadarusman
Linkedin: Dadang Kadarusman

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-1989-9737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Artikel sebelumnya:

Ahlinya Ahli Pun Bisa Salah

#leadership, #leadershipdevelopment,

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.