Wednesday , February 28 2024
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / CEO Forum / Model Bisnis Perusahaan Anda Akan Obsolete!

Model Bisnis Perusahaan Anda Akan Obsolete!

Ada pembicaraan dalam kelas saya pada hari senin kemarin yang bermanfaat juga bagi perusahaan Anda. Di kelas itu, saya mengatakan bahwa; model bisnis perusahaan Anda akan obsolete!

Walaupun kalimat tersebut saya sampaikan kepada para leader yang bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak dalam support system untuk industri telekomunikasi, tapi bisa saya katakan bahwa hal itu juga berlaku bagi perusahaan tempat Anda bekerja.

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kata ‘obsolete’ bermakna ‘out of date’ atau ketinggalan jaman, dan ‘no longer produce’ atau tidak produktif lagi. Maka dengan mengatakan bahwa; “model bisnis perusahaan Anda akan obsolete!” Saya memang mengatakan bahwa model bisnis perusahaan berbasis teknologi itu akan ketinggalan jaman dan tidak bisa lagi diharapkan menghasilkan pendapatan sebagaimana saat ini mereka nikmati. Bisnis berbasis teknologi akan obsolete? Ya. Bagaimana pula perusahaan yang tidak mengadopsi teknologi.

Pernyataan saya itu bukan untuk membuat mereka dan Anda menjadi pesimistik. Sebaliknya, saya mengantar mereka menuju penciptaan model-model baru dalam operasional bisnisnya. Fakta bahwa model bisnis itu akan segera obsolete – entah dalam 3 tahun, 5 tahun, atau 10 tahun – hendaklah membangkitkan sense of urgency untuk merancang new business model (NBM)

Lalu, kapan saat yang tepat untuk memulai pembangunan NBM itu? Saat perusahaan sedang berada pada fase pertumbuhan kinerjanya. Loh kok gitu? Iya. Karena kalau penerapan NBM dilakukan pada saat perusahaan mengalami declining, semuanya sudah serba terlambat.

Sebaiknya Anda tidak terlampau percaya diri bahwa kinerja perusahaan tidak akan mengalami penurunan. Harap Anda ingat tentang Sigmiodal-Curve atau yang lebih dikenal dengan S-Curve. Setiap bisnis mengikuti pola itu. Artinya, declining impact of the existing business model adalah hal yang pasti terjadi.

Yang menjadi persoalan adalah: Begitu banyak perusahaan yang terlena oleh kesuksesannya, sehingga lupa menyiapkan strategi, product, atau NBM untuk mengantisipasi declining period itu. Mereka baru mulai memikirkannya kalau sudah benar-benar mengalami kemunduran. Uwis telat.

Sebaliknya, perusahaan yang sadar soal itu, secara terencana menginvestasikan sebagian sumberdayanya untuk ‘shaping the future of the organization’. Tidak selalu mudah memang, tapi imbalannya adalah; ketika Existing Business Modelnya mulai declining, NBM mereka sudah stabil di market. Walhasil, perusahaan tetap berada pada kinerja tertingginya dan terus mengeksplorasi peluang-peluang pasarnya.

Perusahaan tempat Anda bekerja, begitu juga?

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Deka Dadang Kadarusman
Linkedin: Dadang Kadarusman

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-1989-9737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Artikel sebelumnya:

Tata Kelola Organisasi

#leadership, #leadershipdevelopment,

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.