Friday , March 1 2024
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Miscellaneous / Anda Harus Tahu Cara Mengatasi Hal Ini

Anda Harus Tahu Cara Mengatasi Hal Ini

Pembahasan kali ini bisa dibilang recehan. Tapi bila Anda mengalaminya sendiri, bisa bikin nangis bombay kalau keliru menanganinya. Anda harus tahu cara mengatasinya.

Saya pribadi mengalami kejadian itu pada hari Jum’at pekan kemarin. Ketika itu kelas yang saya fasilitasi dilaksanakan di kompleks perkantoran klien. Ruangannya memang tidak standard kelas training, sehingga mesti sebisa mungkin mengoptimalkannya. Maka pada saat coffee break, meja tempat laptop; difungsikan juga untuk makan dan minum. Dan, pada saat itulah insiden terjadi. Macbook saya terkena tumpahan air minum!

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Kalau itu terjadi pada Anda, apa yang akan Anda lakukan? Karena pernah mengalaminya sendiri, saya rasa tidak berlebihan bila berbagi tips ini. Pertama-tama, laptop harus sesegera mungkin didiskonek dari sumber arus listrik. Kalau sedang di charge, langsung cabut. Hal ini untuk menghindari terjadinya konslet akibat arus listrik dari luar.

Kedua, laptopnya mesti secepat mungkin dimatikan. Jika sedang dioperasikan, segera di shutdown. Hal ini untuk menghindari terjadinya konslet akibat arus listrik di dalam system.

Kedua tindakan diatas urgensinya paling tinggi. Kalau bisa, lakukan secara refleks pada detik ketika kejadian. Setelah itu, lanjutkan dengan tindakan kalem tanpa melibatkan panik. Sebelum bertindak lebih lanjut; Anda harus tahu, apakah laptop Anda tersiram air mineral atau air kopi atau teh manis. Bila tersiram air kopi atau teh yang mengandung gula, mungkin laptop Anda butuh perawatan extra.

Mengapa demikian? Karena gula yang terlarut itu lengket sehingga ketika airnya kering, partikel gula akan menempel pada sirkuit. Meskipun bukan konduktor listrik, tapi sifat lengketnya bisa mengikat debu pengotor dan rasa manisnya mengundang semut bersarang. Kecuali Anda bisa membongkar dan membersihkannya sendiri, sebaiknya serahkan saja kepada teknisi untuk menanganinya.


Tetapi kalau cairannya berupa air mineral, maka Anda dapat menanganinya sendiri dengan tahapan langkah berikut ini. Pertama, memiringkan posisi laptop sehingga memungkinkan air keluar dengan energi gravitasi.

Kedua, keringkan dengan cara ditempel kertas tisu atau kain penyerap cairan semisal kanebo. Kertas atau kain jenis ini akan menarik air dari dalam. Jangan gunakan beras, karena bisa menimbulkan tumbuhnya jamur.

Ketiga, proses pengeringan tahap berikutnya dilakukan dengan cara mengistirahatkan laptop dalam kondisi off dan posisi miring untuk mengeluarkan air selama sekurang-kurangnya 48 jam. Jangan gunakan hair dryer, karena udara panasnya bisa merusak komponen sensitif. Kalau laptop saya, dihembusi kipas angin melalui kisi-kisinya.

Setelah kering sempurna, laptop siap digunakan kembali dengan aman. Saya tidak akan mengatakan “Selamat Mencoba”, karena berharap hal itu tidak terjadi kepada Anda.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Deka Dadang Kadarusman
Linkedin: Dadang Kadarusman

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-1989-9737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Artikel sebelumnya:

Apa Sih Bedanya ‘Strength’ Dengan ‘Opportunity’ ?

#leadership, #leadershipdevelopment,

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.