Wednesday , February 28 2024
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Pramugari Cantik Berbaju Batik

Pramugari Cantik Berbaju Batik

Proses boarding ke pesawat kadang disertai drama-drama kecil. Ada penumpang yang kebanyakan bawa barang, ada pramugari yang jutek, ada juga bule yang kesel gara-gara tas yang diangkat penumpang lain menyenggol kepalanya.

Tepat satu pekan lalu, pada hari Ju’mat, saya terbang dengan sebuah maskapai swasta premium. Karena premiumnya itu, tentu penumpang berharap pramugarinya bagus dan berkelas. Tapi kali itu, perilaku kurang patut seorang pramugari menimpa penumpang yang duduk di kursi sederetan saya. Penumpang itu membawa 2 luggage berupa travel bag ukuran sedang, dan tas selendang. Ketika meletakkan kedua tasnya dikabin, pramugari berkata: “Tas kecilnya disimpan dibawah kursi saja Pak.” Dia menjawab; “Tidak usah. Disini saja,” sambil meletakkannya di kabin atas. Lalu dia duduk.

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Sang pramugari ‘menata ulang’ tas-tas itu. Digeser dan dipindahkan dengan gerakan cekatan. Penumpang itu spontan berdiri sambil berkata; “Hati-hati, mbak. Didalamnya ada laptop.” Katanya. Kita tahu itu ucapan yang wajar. Namun, ada ketidakwajaran dalam jawaban pramugari itu. “Iya pak, saya juga ngerti kok. Saya tahu. Nggak ditumpuk kok nyimpennya, tuch!”

Saya yang sedang merapikan posisi spontan memandang wajah pramugari itu. Namun hanya sebentar saja karena bukan pemandangan yang enak untuk dilihat. Saya cepat-cepat beralih ke arah sang penumpang. Bisa saya pahami perasaannya. Bila berada di posisi yang sama, mungkin sudah saya tegur keras pramugari itu. Cantik, tapi air mukanya tidak cocok diperlihatkan pada saat melayani penumpang. Cekatan, tapi tidak memahami perasaan penumpang yang tas laptopnya dipindahkan hingga menimbulkan ‘bunyi-bunyian’. Suaranya merdu, tapi dipilihnya kosa kata yang tak patut dengan nada suara yang menunjukkan kekesalan. “Pramugari itu kenapa?” Saya akui sempat berpikir begitu tapi segera sadar, itu bukan urusan saya.

Perhatian saya tertuju kepada sang penumpang. Dia merespon sikap pramugari itu dengan menatapnya. Tanpa berucap sepatah kata pun. Andai dia berkata-kata lagi, mungkin ceritanya lain. Saya rasa, pramugari itu menang. Namun, profesionalitasnya luluh lantak.

Saya berusaha memahami sikap pramugari itu; “Mungkin sedang bermasalah.” Wajar, kita semua kadang begitu. Tetapi, salah satu ciri kedewasaan profesional kita adalah; kemampuan untuk mengisolasi persoalan-persoalan pribadi ataupun kekesalan pada peristiwa lain, sehingga tidak berpengaruh buruk saat menghadapi pelanggan berikutnya.

Ini bagian penting dalam bab attitude, yang hanya bisa dibangun lewat kesadaran dan kebijaksanaan dari dalam diri kita. Bukan lewat pelatihan semata. Saya yakin pramugari cantik berbaju batik itu telah melewati serangkaian pelatihan. Namun attitude ini, lahirnya bukan dari kelas pelatihan semata. Melainkan dari kualitas kepribadian yang diperindah melalui kontrol diri, kestabilan emosi, dan dalam konteks pelayanan; dilengkapi dengan empati, serta respek kepada orang lain. Sehingga, lahirlah jiwa melayani yang mumpuni.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Deka Dadang Kadarusman
Linkedin: Dadang Kadarusman
24 November 2023

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-1989-9737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Artikel sebelumnya:

Alhamdulillah, Ketemu Pelakunya!

#leadership, #leadershipdevelopment,

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.