Wednesday , February 28 2024
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Personal Development / Diantara Masa Lalu Dan Masa Depan

Diantara Masa Lalu Dan Masa Depan

Setiap orang terikat masa lalunya. Kenyataannya, kondisi kita sekarang berhubungan erat dengan peristiwa yang kita alami atau perbuatan yang kita lakukan di masa silam.

Masih ingat kisah tahun lalu tentang pohon mangga yang tidak pernah berbuah? Daunnya dipenuhi bintik hitam. Saya memangkasnya. Tak lama kemudian, tumbuh tunas-tunas baru. Setelah itu, saya memupukinya, menambahkan tanah dan unsur haranya.

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Pagi ini, selepas solat subuh saya menengoknya. Memegang buahnya yang bergelantung dan … tiba-tiba buah itu terlepas begitu saja dari tangkainya. Buah yang masak dipohon. Aromanya harum, posturnya berotot, dan rasanya manis sekali.

Sedrastis itukah perubahannya? Iya. Namun kita bisa melacaknya hingga menemukan fakta bahwa; buah mangga yang pepal, wangi dan manis itu merupakan ‘konsekuensi’ dari tindakan saya dimasa lalu. Memangkas daun dan dahannya yang tidak sehat, dan memberinya pupuk organik yang kaya nutrisi. Rangkaian peristiwa itu, menjadi bukti bahwa; apa yang terjadi di masa lalu, sangat menentukan keadaan di masa sekarang. Dengan pola itu, kita bisa memperkirakan bahwa kondisi di masa yang akan datang, sangat ditentukan oleh apa yang dialami pada masa sekarang.

Pertanyaan; apakah hal tersebut hanya terjadi pada pohon mangga? Tidak. Seperti sudah diulas pada awal tulisan ini; setiap orang terikat pada masa lalunya. Dan masa depan kita, terhubung dengan masa kini kita. Maka, masa depan kita menjadi predictable, bisa diperkirakan, bisa direncanakan.

Lantas faktor apa saja yang menentukannya? Kalau menyimak kepada pohon mangga itu, ada 2 faktor terpenting yang mesti menjadi perhatian utama.

Pertama, memangkas daun dan ranting yang tidak sehat. Ini setara dengan menghilangkan perilaku atau atribut buruk yang melekat didalam diri kita. Pohon mangga yang terkena hama, tidak bisa berbuah secara optimal. Manusia yang terjangkit perilaku atau tabiat buruk; juga tidak bisa meraih pencapaian yang semestinya.

Kedua. Menambahkan unsur hara yang kaya nutrisi. Dalam konteks kita, itu bisa berupa tambahan ilmu, pengalaman baru, komitmen, perencanaan dan aspek lain yang bersifat enrichment dan improvement.

Bila apapun yang kita dapatkan sekarang merupakan cerminan dari apa yang kita alami atau lakukan di masa silam, maka apapun yang akan kita dapatkan dimasa depan; merupakan konsekuensi dari apa yang kita alami atau lakukan di masa sekarang.

Bagian ‘yang kita alami’ itu bersifat pasif. Sesuatu terjadi pada diri kita. Artinya, kita menyerah pada kekuatan eksternal seperti pohon mangga itu pasrah pada perlakuan saya. Sedangkan ‘apa yang kita lakukan’ itu, bersifat aktif. Berani menggunakan kekuatan internal untuk mendorong terjadinya sesuatu yang diinginkan.

Namun, kita ini bukan pohon mangga yang hanya bisa pasrah menunggu secara pasif hingga sesuatu terjadi. Kita, memiliki kewenangan untuk bertindak secara aktif mendesain masa depan. Agar selaras dengan harapan. So, demi masa depan; mari ambil tindakannya sekarang. Dengan memangkas perilaku atau attibut yang kurang bagus. Dan menambahkan ilmu, perbekalan, atau keterampilan baru yang menentukan.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Deka Dadang Kadarusman
Linkedin: Dadang Kadarusman

Jika Anda ingin mendapatkan update article saya via WA silakan bergabung dengan Group WA “Dekadarus And Friends” di nomor : 0812-1989-9737. Sebutkan (1) Nama dan tulis (2) “Dekadarus And Friends Group”. Jumlah member terbatas.

Artikel sebelumnya:

Pramugari Cantik Berbaju Batik

#leadership, #leadershipdevelopment,

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.