Wednesday , February 28 2024
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Spiritualism / Refleksi – Hidup Di Dunia Orang Lain

Refleksi – Hidup Di Dunia Orang Lain

Tahun ini, sudah tiba dipenghujungnya. Dia bagaikan selembar kanvas tempat menorehkan perjalanan hidup kita dengan kurang dan lebihnya. Untuk hal-hal yang lebih, baiknya menjadi catatan dan kenangan masing-masing saja. Sedangkan untuk yang kurangnya, mungkin bisa menjadi sumber koreksian bersama. Hal seperti itu, lazimnya disebut sebagai refleksi.

Hasil refleksi saya, baik dari dialog dengan diri sendiri maupun berinteraksi dengan orang lain; menyisakan sebuah catatan penting. Bahwa, ternyata kita – saya dan banyak orang lainnya – masih memiliki kecenderungan untuk khawatir tentang apa yang orang lain pikiran mengenai diri kita.

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

Misalnya ketika hendak melakukan sebuah tindakan yang baik tapi kurang keren, hati kecil kita bilang;”Apa yang akan dikatakan oleh orang-orang, kalau aku melakukan hal ini?” Akhirnya kita batal melakukannya. Siapa diantara Anda yang masih begitu? Sampai pada level tertentu, saya masih begitu. Dan saya melihat bahwa banyak orang lainnya juga begitu. Padahal, dengan cara seperti itu; sesungguhnya kita tidak hidup dalam dunia kita sendiri. Kita, hidup dalam dunia orang lain. Sebab pikiran kita, dikendalikan oleh kekhawatiran atas apa yang orang lain pikirkan tentang kita.

Kelihatannya saja sepele, padahal dampaknya besar. Contoh kalau saya tidak menenteng gadget ‘tertentu’, apa yang akan dipikirkan orang lain? Maka saya memaksakan diri membeli atau mencicil gadget tertentu itu. Kalau tidak menyetir mobil jenis ‘tertentu’ apa kata orang nanti? Kalau mencari nafkah lewat jalur penuh peluh dan receh, bagaimanalah nanti pandangan orang-orang itu.

Mungkin manifestasinya berbeda dari orang ke orang. Tapi esensinya sama, kita hidup dalam dunia orang lain dengan meninggalkan realitas tentang diri kita yang sebenarnya. Sehingga kita, memaksakan diri untuk menggapai hal-hal diluar jangkauan kita. Atau kita mengikuti gaya hidup orang lain yang sesungguhnya tidak cocok untuk kita. Seru saat berada dalam keramaian, namun hampa saat sendirian. Tapi bila itu sudah terlanjur terjadi, tak perlu juga terlampau dikhawatirkan; sebentar lagi hanya akan menjadi histori.

Lantas bagaimana dengan lembaran baru yang akan tiba beberapa hari lagi ini? Hal inilah bagian terpentingnya. Bahwa tahun yang sudah berlalu bagaikan udara yang membeku. Kita segera akan meninggalkannya. Sedangkan tahun yang datang menjelang, adalah tempat persinggahan kita berikutnya. Jika umur kita panjang, maka tahun yang baru itu merupakan kesempatan kedua. Perpanjangan waktu untuk merealisasikan rencana-rencana yang tertunda. Sekaligus menghindari terulangnya kesalahan-kesalahan serupa.

Bercermin pada refleksi tahun kemarin, tampaknya di tahun menjelang ini; kita mesti menjalani hari-harinya di dalam dunia kita sendiri. Dunia, yang kita sendirilah tuan rumahnya. Sehingga tindakan, perilaku, dan gaya hidup kita; adalah apa yang sesuai dengan diri kita. Bukan dunia yang terkontaminasi dengan kekhawatiran atas apa yang orang lain pikirkan. Selamat tahun baru, kawan.

Salam hormat.
Mari Berbagi Semangat!
Deka Dadang Kadarusman
Linkedin: Dadang Kadarusman

Artikel sebelumnya:

Paradox Antara Value Dan Follower

#leadership, #leadershipdevelopment,

Jika kantor Anda ingin melakukan training bertema Leadership, Change Management & Organisation Transformation, dan People Development, silakan hubungi DeKa di 0812-1989-9737 atau dkadarusman@yahoo.com

About Dadang Kadarusman

Dadang Kadarusman
Dalam bidang pelatihan, Dadang merupakan salah satu dari hanya sedikit trainer di Indonesia yang telah menulis dan mempublikasikan ribuan artikel dan buku-buku pengembangan diri. Dadang juga berbicara di radio, tampil di televisi, manulis berbagai artikel dalam jurnal Human Capital, serta berbagai macam publikasi lainnya. Dadang mengukuhkan dirinya sebagai pionir dalam bidang Natural Intelligence yang masih sangat jarang dimiliki dunia saat ini. Pada Februari 2011 Dadang terpilih sebagai The Best Performer Trainer dalam event Trainer BootCamp yang diselenggarakan oleh Indonesia Inspiring Movement. Dadang membawakan program-program pelatihannya dengan antusias, menyenangkan, interaktif disertai dengan contoh-contoh aktual yang Dadang tunjukkan langsung dihadapan peserta. Dadang, tidak hanya bicara tentang teori. Melainkan mencontohkan bagaimana cara melakukannya dengan cara yang kreatif, interaktif dan variatif. Untuk mengundang Dadang bicara di perusahaan Anda, silakan hubungi 0812 19899 737.

Comments are closed.