Monday , October 25 2021
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Bisnis and Finance

Category Archives: Bisnis and Finance

Feed Subscription<

Betapa Pentingnya Entrepreneurship

Sekarang, ya sekarang. Kita melihat betapa pentingnya entrepreneurship. Kita, menyebutnya ‘kewirausahaan’. Tiga puluh tahun lalu, saya – mungkin Anda juga – mendapat mata kuliah kewirausahaan 2 SKS. Tapi, seperti air didaun talas. Nggak berbekas. Ini fenomena umum. Khususnya, yang tidak tumbuh di keluarga pengusaha. Ketika banyak perusahaan tumbang dihantam pandemi, PHK tidak bisa dihindari. Mereka yang memiliki jiwa entrepreneurship biasanya ... Read More »

Memperluas Jangkauan Penjualan

Masa WFH ini merupakan momentum yang bagus untuk belajar memperoleh pendapatan diluar gaji rutin. Selain banyak waktu luang, kita juga tidak tahu resiko ekonomi apa yang kita hadapi kedepannya kan. Makanya akhir-akhir ini saya sering membahas topik UKM. Mari lanjutkan. Kita sudah menjual produk yang kita buat. Tapi, kayaknya, hasilnya cuman segitu-gitu aja. Belum bisa dapat laba yang cukup buat ... Read More »

Menyikapi Tukang Minta Gratisan

Kita sudah selesai dengan saudara atau teman yang nawar dengan harga hancur lebur kemarin. Jadi, jangan dihindari ya. Mereka pelanggan kita juga, sama seperti pelanggan lainnya. Banyak dampak baiknya kok buat usaha kita. Sekarang kita lanjut dengan tantangan lain. “Dang. Sodara gue maunya gratis!! Padahal bisnis kan pake modal. Niat mau nambah penghasilan. Malah tekor kalok gini caranya mah…”. Tidak ... Read More »

Jualan Ke Saudara Dan Teman

Saya pernah dengar orang bilang; jangan menjual ke saudara, bayarnya susah. Dan jangan menjual kepada teman, nawarnya edan edanan. Menurut hemat saya, dalam berdagang kita tidak perlu prejudis seperti itu. Saudara, teman, dan orang lain; sama saja. Mereka adalah potensial buyer kita. Tawarkan saja. Soal nawar, ya wajar. Tinggal hitung saja berapa harga terendah yang bisa kita terima. Kasih saja, ... Read More »

Bagaimana Cara Menjualnya

Setelah latihan macam-macam, dapatlah kita 1 produk dari nambahin porsi makanan enak kita. Atau dari hobi kita. Sudah punya produk dong kita ya. So congratulation. Mari kita rayakan. Itu pencapaian loh. Jangan remehkan. Bukankah banyak orang yang sampai sekarang masih bingung mau bikin produk apa? Anda, keren. Pertanyaannya adalah; bagaimana cara menjualnya?????????? Kita suka bilang;”aku kan nggak bisa jualan…”. Kalau ... Read More »

Sinsib Untuk Kaum Profesional

Hari ini. Mungkin Anda memiliki pekerjaan profesional yang memberi imbalan berupa gaji dan fasilitas yang mencukupi kebutuhan hidup Anda. Alhamdulillah. Tapi. Sudahkah Anda melihat, bagaimana kehidupan para senior di kantor Anda setelah tidak bekerja lagi? Apakah mereka bisa menjaga kualitas kehidupan mereka? Jika bisa. Alhamdulillah. Anda juga kelak bakal demikian insya Allah. Jika tidak? Mari renungkan. Dan… apakah Anda pernah ... Read More »

AKANKAH TELKOM BERJAYA LAGI

(Sebuah Analisis Atas Strategi Bisnis Terbaru Telkom) Geliat Telkom mulai terlihat kembali dengan produk barunya bernama IndiHome. Produk ini memiliki kelebihan signifikan. Fasilitas TV On Demand salah satunya. Saya lihat, ini merupakan unique selling point yang bernilai strategis. Setidaknya, hingga pesaing memiliki fitur yang sama. Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 Ada ... Read More »

Sekilas Asal Usul Pensiun

Hore! Hari Baru, Teman-teman. Bagian ke-2 (Bagian ke-1: Menghitung Dana Pensiun Kita). Dalam workshop ‘Persiapan Pensiun’ yang saya fasilitasi, saya menemukan bahwa tidak seorang pun karyawan yang benar-benar ingin pensiun. Setelah kontrak pasca pensiunnya diperpanjang dua atau tiga kali pun mereka masih berharap untuk terus dipekerjakan. Ada beberapa orang yang bahkan menjawab: ‘sekuatnya’, ketika ditanya; “sampai kapan Anda masih boleh ... Read More »

Menghitung Dana Pensiun Kita

Hore! Hari Baru, Teman-teman. Artikel ini terinspirasi oleh diskusi di salah satu milist alumni ITB yang saya ikuti. Dengan kecanggihannya dalam bidang matematika, teman saya membuat model kalkulasi canggih. Dari hasil perhitungannya, bisa disimpulkan bahwa kita perlu mempersiapkan dana 200 kali pengeluaran bulanan. Jika pengeluaran Anda diasumsikan 10 juta, maka Anda harus punya persiapan minimal 2 milyar. Ingin mengundang DeKa ... Read More »

Berhati-hati Dalam Berhutang

Hore! Hari Baru, Teman-teman. Dalam setiap upacara pemakaman, wakil keluarga selalu mengatakan;”Jika masih ada urusan utang-piutang dengan almarhum, mohon menghubungi kerluarga untuk menyelesaikannya…” Ingin mengundang DeKa untuk bicara di Perusahaan Anda? Hubungi Dadang di 0812 19899 737 atau Ms. Vivi at 0812 1040 3327 Kenapa soal hutang itu sedemikian pentingnya? Karena dalam iman kita, hutang yang tidak dibayar dibawa mati ... Read More »