Tuesday , May 17 2022
Topik Pelatihan Dari Dadang Kadarusman>>>
You are here: Home / Natural Intelligence

Category Archives: Natural Intelligence

Feed Subscription<

Rindu

Sejak awal januari tahun ini saya tinggal di lingkungan yang eksklusif dan menarik. Terletak di tengah hutan belantara, tapi sangat ketat dalam pencegahan penyebaran covid. Saya hanya bertamu disini untuk tinggal hingga beberapa bulan kedepan. Setiap pekan, kami menjalani 2 kali swab antigen dan 1 kali pcr. Seru kan? Bagi orang yang tidak paham, 2 kali swab antigen dan 1 ... Read More »

Miliki Juga Adapternya

Kita telah menutup buku perjalanan tahun lalu, untuk menjalani lembaran kehidupan yang baru. Pertanyaannya adalah; hal baru apa yang Anda siapkan untuk mengisi babak kehidupan baru? Nah, itu kudu. Kalau saya, awal tahun baru ini diisi dengan sedikit drama. Dua hari menjelang tutup tahun, laptop saya tiba-tiba LCDnya mati. Aneh, padahal tgl 27nya masih normal ketika digunakan untuk sebuah event. ... Read More »

Mau Pilih Yang Mana?

Yang pernah mengalami masa remaja, pasti pernah galau. Anak saya sedang mengalaminya. Dia masih galau, mau ambil prodi apa dalam utbk nanti. Tentu, tidak selalu mudah untuk membantunya. Kalau saya, tidak tipe menyuruh ambil prodi ini atau itu. Sebab yang menjalaninya kan bukan kita. Maka sebagai gantinya, saya ajak dia untuk memahami konsep ikigai. Anda tentu sudah tahu itu kan. ... Read More »

Tidak Seperti Biasanya

Saya modifikasi sedikit ceritanya. Supaya fokus pada hikmahnya saja. Ini tentang teman saya. Bisa jadi tentang kita semua juga. Sejauh yang saya kenal, dia cepat sekali mengeluarkan uang. Tentu untuk hal-hal yang baik. Terlebih lagi jika berkaitan dengan kewajiban. Setahu saya, dia termasuk orang yang bersegera menunaikannya. Pernah dia bilang; “Astagfirullah, gue belum bayar listrik dan air…” lalu ngajak mampir ... Read More »

Siklus Hidup Bakteria

Apa sih siklus hidup probiotik itu? Berapa lama? Dan bagaimana? Demikian pertanyaan yang akhir-akhir ini cukup sering mendatangi saya. Maka saya bikin tulisan ini supaya punya 1 jawaban untuk banyak orang yang mengajukan pertanyaan. Nggak sanggup kalau harus menjawabnya satu per satu. Ketahuilah bahwa, proses yang dialami oleh mahluk super mungil bernama bakteri itu; tidak sesederhana yang kita kira. Bahkan ... Read More »

Pemimpin Yang Keren

Walaupun bernuansa hura-hura, tapi America’s Got Talent itu event yang keren loh. Simon Cowell, mencontohkan bagaimana menjadi pemimpin yang keren. Dan itu, terjadi dalam banyak moment. Salah satunya adalah ketika Gruffydd tampil dalam pentas audisi. Simon, menyetopnya ketika sedang bernyanyi. Suaranya bagus sih. Telinga awam saya pun menangkap ada yang kurang pas. Tapi suaranya bagus. Penonton tercekat. Gruffydd terlebih lagi. ... Read More »

Cara Membuat Probiotik Sendiri

Salah satu jalan nafkah saya adalah menjual probiotik. Dan sekarang akan saya sampaikan cara membuat probiotik sendiri sehingga jika mau, Anda bisa membuatnya secara mandiri di rumah. Sebelum membahas caranya, ijinkan saya menceritakan bahwa didalam kitab-kitab yang membahas kehidupan Rasulullah, ada diceritakan kebiasaan beliau yang sangat unik. Yaitu, beliau shollallaahu ‘alaihi wasallam suka merendam buah kurma dalam air. Kemudian membiarkan ... Read More »

Para Pekerja Dibalik Layar

Dalam pekerjaan, Anda bertemu langsung dengan pelanggan nggak? Kalau nggak, mungkin Anda jarang mendapatkan ucapan terimakasih ya? O tenang. Bukan hanya Anda kok. Orang yang bertemu langsung dengan pelanggan juga jarang mendapat terimakasih. Apa lagi orang dibelakang layar kan? “Pak Dadang tolong sesinya diperpanjang sampai jam setengah satu,” demikian pesan singkat yang saya terima. Normalnya jam 12 sudah istirahat. Namun, ... Read More »

Resiko Covid Dengan Komorbid

Disclaimer: Tulisan ini tidak untuk semua orang.Harap bijak memilih bacaan. Harap lebih bijak lagi dalam menyikapinya. Beberapa waktu lalu saya menyampaikan bahwa; kemungkinan besar, kita akan hidup bersama covid-19 selamanya. Lumayan, dapat beberapa cibiran. “Emangnya elo siapa Dang? Elo sekolah dimana?!” Saya bersyukur menjadi bukan siapa-siapa. Dan saya bersyukur, tidak mewakili sekolah manapun. Sehingga apa yang saya tulis sepenuhnya menjadi ... Read More »

Berbagi Cara Menyelamatkan Diri

Disclaimer: Tulisan ini mengandung unsur yang muram. Tapi didalamnya ada solusi yang mungkin bisa dilakukan secara kolektif. Hanya untuk orang yang open minded. Anda masih punya cukup tabungan untuk biaya hidup normal 12 bulan kedepan? Alhamdulillah. Gaji Anda masih dibayar full? Alhamdulillah. Bisnis Anda tetap berjalan? Alhamdulillah. Insya Allah Anda tenteram ditengah wabah ini. Tapi jika Anda tidak seperti keadaan ... Read More »